Catatan Dari Pertemuan Kedua Kelas Menulis Kepo

Pertemuan Kelas Menulis Kepo

Pertemuan Kelas Menulis Kepo

Rabu, 9 Desember 2015 pertemuan kedua Kelas Menulis Kepo angkatan kedua diadakan di Kafe Baca. Agenda kali ini adalah ulasan tugas peserta kelas yang sudah diberikan pada pertemuan sebelumnya.

Berikut ini adalah catatan dari Ismail, seorang peserta Kelas Menulis Kepo angkatan kedua:

Pertemuan ke dua kelas menulis Kepo hari ini (09/12/2015) diawali dengan review dua tulisan peserta dari angkatan ke dua. Setelah mengundi secara online melalui alamat web random.org, tulisan dari kak Suci dan kak Nia terpilih untuk diperiksa dan diberikan komentar oleh semua peserta kelas. Semua masukan dan saran yang dikemukakan berfokus pada kesalahan mendasar dalam penulisan, utamanya penggunaan tata bahasa yang baku.

Secara garis besar, ada tiga bagian pokok yang perlu diperhatikan secara saksama sebelum sebuah tulisan tersebut diposting ke halaman web ataupun blog. Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), penggunaan kalimat yang bersifat terlalu subjektif, dan pemberian kalimat penjelas yang memadai merupakan unsur-unsur dasar yang menjadi tolak ukur tulisan yang dianggap berterima dalam dunia kepenulisan. Kesalahan-kesalahan inilah yang banyak ditemukan pada dua tulisan yang dibahas hari ini.

Yang pertama adalah penggunaan kata-kata yang sesuai dengan EYD. Seorang penulis harus selalu memperhatikan penggunaan kata yang tepat dan sesuai dengan EYD pada setiap tulisannya. Kesalahan yang sering kali dilakukan oleh penulis pemula adalah penggunaan kata depan di- dan ke-. Kedua kata ini sering kali membingungkan bahkan tak jarang menjadi kesalahan yang paling sering ditemukan di banyak tulisan, baik di blog pribadi ataupun di laman resmi lainnya. Kesalahan yang dimaksudkan adalah penggunaan spasi yang tidak tepat setelah kedua kata depan ini. Kata yang seharusnya tidak diberikan jarak antara awalan dan kata yang mengikutinya ditulis dengan spasi, sedangkan untuk kata yang membutuhkan spasi justru ditulis berdempetan.

Lanjutkan ke sini.

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Catatan and tagged , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *