Angkatan IV Dimulai!

Foto bersama sebagian besar peserta Kelas Menulis Kepo

Jumat 3 Februari 2016 adalah pertemuan perdana dari Kelas Menulis Kepo Angkatan IV. Setelah berjalan lebih dari setahun, inisiasi beberapa penggerak komunitas di Makassar ini semakin menunjukkan keseriusannya. Di akhir tahun 2016 para penggerak Kepo Initiative (perkumpulan yang menaungi Kelas Menulis Kepo) sepakat untuk melanjutkan Kelas Menulis Kepo ke angkatan IV.

Lalu mulailah pendaftaran dibuka dan mengundang minat yang cukup besar dari anak-anak Makassar. Hingga pendaftaran ditutup, 38 orang tercatat mendaftarkan diri. Sayangnya, tidak semua bisa diterima. Ada beberapa alasan yang membuat sebagian besar peserta tidak bisa diloloskan. Alasan terbesar adalah karena mereka tidak bisa memenuhi persyaratan membuat tulisan sepanjang minimal 150 kata di form pendaftaran.

Akhirnya dipilihlah 15 orang calon peserta yang akan ikut dalam Kelas Menulis Angkatan IV. Pertemuan perdana disepakati diadakan di Brew Brother Coffee Shop Kompleks Akik Hijau, Makassar, Jumat tanggal 3 Februari 2016.

Pertemuan perdana ini berisi perkenalan dari peserta dan penjaga Kelas Menulis Kepo serta pemaparan kurikulum Kelas Menulis Kepo Angkatan IV. Selama kurang lebih 12 pekan atau 12 pertemuan, para peserta akan sama-sama belajar bagaimana menyusun sebuah tulisan yang lebih terstruktur dan berisi data-fakta.

Tujuan utama dari Kelas Menulis Kepo adalah sama-sama belajar untuk bisa menghasilkan tulisan dengan genre non fiksi yang santai tapi tetap berkelas. Santai maksudnya, tulisan tidak terlalu akademis dan formil. Berkelas, maksudnya meski santai namun tulisan tetap dipenuhi data dan fakta, baik dari hasil observasi, wawancara ataupun daftar pustaka.

Seperti tiga angkatan sebelumnya, Kelas Menulis Kepo Angkatan IV juga lebih banyak dikuasai oleh kaum perempuan. Dari 15 peserta hanya ada empat laki-laki, sisanya adalah perempuan. Latar belakang mereka berbeda-beda, dari pegawai, profesional, pengajar hingga mahasiswa tingkat akhir.

Jumat 10 Februari, pertemuan kedua telah digelar. Dalam pertemuan kedua ini materi tentang ide, sudut pandang dan membangun kerangka tulisan dibagikan. Tradisi dari Kelas Menulis Kepo tetap dipertahankan. Arah pertemuan tidak didesain menjadi satu arah, tapi banyak arah. Semua peserta ataupun penjaga kelas punya hak yang sama untuk berbagi ide, masukan, saran, pengalaman, kritikan atau apapun itu. Sesuai dengan tagline Kelas Menulis Kepo: belajar apa saja, guru siapa saja, kelas di mana saja dan makan apa saja.

Suasana pertemuan Kelas Menulis Kepo

Suasana pertemuan Kelas Menulis Kepo

Suasana pertemuan Kelas Menulis Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Catatan and tagged , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *