Kelas Menulis Kepo Angkatan IV

 

Kelas Menulis Kepo merupakan inisiatif beberapa pegiat komunitas di Makassar yang ingin belajar menulis lebih baik. Di angkatan pertama hingga angkatan ketiga, beberapa penulis skala nasional, jurnalis dan peneliti dari kota Makassar telah ikut berbagi di Kelas Menulis Kepo.

Tujuan utama dari Kelas Menulis Kepo adalah meningkatkan kemampuan para peserta, utamanya di genre tulisan non fiksi, terkhusus lagi tulisan jurnalisme warga. Semua kegiatan dilakukan tanpa memungut bayaran atau GRATIS. Adapun biaya yang dibutuhkan selama pelatihan (makan, minum atau alat tulis), semua menjadi tanggungan pribadi.

Setelah selesai dengan angkatan pertama hingga ketiga, tahun 2017 ini Kelas Menulis Kepo akan kembali membuka angkatan keempat. Proses belajar tetap sama, yaitu pertemuan selama enam kali di akhir pekan dengan sistim berbagi dan lebih banyak praktik.

Syarat-syarat untuk mengikuti Kelas Menulis Kepo adalah sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk pria dan wanita. Pendidikan terakhir dan usia tidak disyaratkan.
  2. Berdomisili di Makassar dan sekitarnya (Gowa dan Maros).
  3. Memiliki blog, minimal berusia enam bulan dari Januari 2017, dihitung dari postingan perdana ATAU memiliki jumlah postingan minimal 10 (sepuluh) meski blog belum berusia enam bulan.
  4. Bersedia mengikuti kelas selama total 12 pekan atau 12 pertemuan. Kelas diadakan di akhir pekan (antara Jumat atau Sabtu) dimulai dari sore hari pukul 17:00 WITA s/d selesai. Biasanya kelas akan selesai antara pukul 20:00 atau 21:00 WITA.
  5. Peserta punya ketertarikan besar untuk menulis dengan genre non fiksi atau lebih khusus lagi jurnalisme warga. Seluruh materi yang diberikan nantinya akan berkutat seputar tema tersebut.
  6. Memiliki akun LINE, karena semua diskusi dan koordinasi kelas diadakan di grup LINE.
  7. Bersedia mengisi form pendaftaran termasuk membuat esai pendek minimal 150 kata tentang alasan ingin ikut Kelas Menulis Kepo.

Pendaftaran secara daring akan dibuka mulai tanggal 16 Januari 2017 hingga 28 Januari 2017. Form pendaftaran ada di bagian bawah pengumuman ini.

Seleksi akan dilakukan antara tanggal 29 – 31 Januari 2017.

Pengumuman peserta dilakukan tanggal 1 Februari 2017.

Kelas pertama direncanakan akan dilangsungkan tanggal 4 Februari 2017.

Rencananya akan ada 15 orang peserta di angkatan IV yang terpilih untuk mengikuti Kelas Menulis Kepo.

Bagi yang tertarik, silakan mengisi form pendaftaran di bawah ini. Sekali lagi, Kelas Menulis Kepo tidak memungut biaya sama sekali alias GRATIS. Metode pelatihan pun tidak dibuat dengan format guru-murid tapi lebih kepada saling berbagi pengetahuan, karena di Kelas Menulis Kepo murid siapa saja, guru siapa saja, kelas di mana saja dan makan apa saja.

Sampai bertemu di Kelas Menulis Kepo angkatan IV!

[PENDAFTARAN TELAH DITUTUP]

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Catatan and tagged , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *