Penerimaan Peserta Kelas Menulis Kepo Angkatan Ketiga

latar kepo

Kelas Menulis Kepo adalah sebuah inisiatif beberapa pegiat komunitas di Makassar, tujuan awalnya adalah untuk belajar menulis dengan lebih baik. Di angkatan pertama Kelas Menulis Kepo digelar secara apa adanya, tanpa ada kurikulum atau rencana pertemuan rutin. Di angkatan pertama, beberapa pengajar berkualitas ikut membagikan ilmunya, mereka adalah: Anwar Jimpe Rahman (editor, kurator seni dan penulis), Nurhady Sirimorok (peneliti dan penulis), Armin Hari (fotografer), Khrisna Pabhicara (novelis), Maman Suherman (penulis dan pekerja seni) serta Ruslailang Noertika (penulis dan blogger).

Setelah angkatan pertama selesai, angkatan kedua kemudian dilanjutkan. Di angkatan kedua, sistim belajar diperbaiki. Kurikulum dibuat sesuai tujuan utama kelas, pertemuan rutin pun disepakati. Di angkatan kedua ini proses belajar  semakin diintensifkan, terdiri dari pelajaran di kelas, tugas menulis dan praktik langsung di lapangan.

Seluruh kegiatan di Kelas Menulis Kepo adalah gratis alias tidak berbayar. Semua berlangsung secara sukarela. Sebagian operasional di angkatan kedua mendapat dukungan dari Telkomsel melalui program CSR.

Tujuan utama dari Kelas Menulis Kepo adalah untuk mencetak jurnalis warga atau warga biasa yang punya kepekaan menangkap realita sosial, budaya, ekonomi dan dinamika di sekitarnya. Maka dari itu seluruh kurikulum yang diajarkan di Kelas Menulis Kepo memang didesain untuk kebutuhan tersebut.

Setelah sukses dengan angkatan pertama dan kedua, Kelas Menulis Kepo akan melanjutkan dengan angkatan ketiga. Di angkatan ketiga ini, proses seleksi akan diperketat mengingat tujuan yang semakin jelas serta materi yang semakin padat.

Syarat-syarat utama untuk menjadi peserta Kelas Menulis Kepo angkatan ketiga adalah:

  1. Berdomisili di Makassar dan sekitarnya (Gowa dan Maros).
  2. Memiliki blog, minimal berusia tiga bulan dihitung dari postingan perdana ATAU memiliki jumlah postingan minimal 10 (sepuluh) meski belum berusia tiga bulan.
  3. Pendidikan terakhir dan usia tidak dipentingkan.
  4. Bersedia mengikuti kelas dan praktik lapangan. Kelas diadakan setiap akhir pekan (Jumat atau Sabtu) mulai sore sampai malam. Praktik lapangan dilakukan dua kali selama kelas dan digelar di akhir pekan (Sabtu atau Minggu).
  5. Bersedia membuat satu tulisan dengan tema Makassar di blog masing-masing. Tulisan minimal berjumlah 500 kata, boleh tentang tempat, budaya, sejarah, warga, wisata atau apa saja tentang Makassar. Tulisan ini menjadi salah satu syarat penilaian calon peserta.

Waktu pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • 1 Maret 2016 – 17 Maret 2016 : Pendaftaran online.
  • 18 Maret 2016 – 20 Maret 2016: Seleksi
  • 23 Maret 2016: Pengumuman
  • 25 Maret 2016: Kelas Perdana

PENDAFTARAN TELAH DITUTUP

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Catatan and tagged , , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *