Workshop Menulis Untuk Mahasiswa Asing

Pemateri dari Kelas Menulis Kepo berfoto bersama peserta dan panitia

Pemateri dari Kelas Menulis Kepo berfoto bersama peserta dan panitia

Selama dua hari (28-29 Maret 2016), empat orang perwakilan Kelas Menulis Kepo diundang oleh kantor urusan internasional Universitas Muhammadiyah Makassar. Tujuannnya adalah untuk membawakan materi dalam workshop yang digelar selama dua hari. Materi yang dibawakan adalah seputar dunia menulis, fotografi, videografi dan etika di media sosial.

Empat orang pemateri dari Kelas Menulis Kepo adalah daeng Ipul (materi menulis), Iqbal Lubis (materi fotografi), Ardian Adiwijaya (materi videografi) dan Kak Anchu (etika media sosial). Sementara itu para peserta yang berjumlah 10 orang berasal dari enam negara yaitu; Aljazair, Papua Nugini, Thailand, Vietnam, Jepang dan Malaysia.

Antusiasme para peserta sangat besar, terbukti dari hasil praktik yang mereka lakukan. Meski begitu kendala bahasa tetap menjadi masalah karena seluruh peserta masih memiliki sedikit masalah dalam kosa kata bahasa Indonesia. Bagi para pemateri, kendala ini sekaligus jadi tantangan tersendiri karena mereka terpaksa menyederhanakan materi agar lebih mudah dipahami.

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan sampingan dari Kelas Menulis Kepo selain kegiatan utama yaitu kelas menulis yang akan segera memasuki angkatan ketiga. Diharapkan dari kegiatan seperti ini, Kelas Menulis Kepo bisa lebih menyebarkan virus menulis dan mengajak sebanyak mungkin warga untuk ikut menjadi jurnalis warga.

Suasana kelas

Materi foto bersama Iqbal Lubis

Praktik foto

Materi menulis

Aseema, peserta dari Thailand

Peserta dari Thailand dan Papua Nugini

Peserta serius mendengarkan materi

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Catatan and tagged , , , , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *