Metode EDFAT Dalam Fotografi

edfat

Selain teknik menulis, Kelas Menulis Kepo juga membekali para peserta dengan teknik dasar fotografi. Disadari atau tidak, sebuah foto akan sangat membantu mengangkat kualitas sebuah tulisan, plus menambah kenyamanan para pembaca. Untuk itulah, dalam pertemuan kelima hari Jumat 13 Mei 2016, peserta dibagikan materi dasar-dasar fotografi.

Adalah Iqbal Lubis yang tampil sebagai pemateri. Pria tampan berkulit eksotis ini sehari-harinya adalah fotografer sebuah media nasional dan sudah berkali-kali meraih penghargaan tingkat daerah dan nasional dalam berbagai ajang fotografi.

Dalam materinya, Iqbal membagikan sebuah metode yang diakuinya sangat membantu dirinya dalam meningkatkan kualitas sebuah foto, apalagi photo story. Metode tersebut adalah metode EDFAT atau singkatan dari Entire, Detail, Frame, Angle dan Time.

Metode EDFAT adalah sebuah metode untuk memilih tindakan dalam kaitan mendapatkan foto yang baik secara visual sebagai  bahan belajar, maka metode yang diperkenalkan “Walter Cronkite School of Jurnalism and Telecommunication Arizona State University”  yang dikenal dengan  metode EDFAT dinilai  tepat digunakan sebagai pembimbing dalam setiap penugasan ataupun mengembangkan suatu konsep fotografi pribadi.

EDFAT adalah metode pemotretan untuk melatih cara pandang melihat sesuatu dengan detil yang tajam. Tahapan-tahapan yang dilakukan pada setiap unsur dari metoda itu adalah suatu proses dalam mengincar bentuk visual atas peristiwa atau yang mempunyai nilai cerita.

Secara singkat penjelasan tentang metode ini adalah:

Entire; adalah sebuah foto yang mengambil keseluruhan suasana kejadian. Biasanya menggunakan lensa yang cukup lebar yang menggambarkan tentang suasana sebuah tempat atau sebuah kejadian.

Detail; adalah sebuah foto yang mengambil detail dari sebuah kejadian tersebut. Detail bisa merupakan simbol atau mimik seseorang, bisa juga sebuah benda yang begitu dekat dengan kejadian yang akan diceritakan.

Frame; adalah sebuah kreativitas menggunakan keadaan sekitar atau alat-alat yang ada di sekitar untuk menciptakan sebuah bingkai (frame). Bingkai tersebut diciptakan untuk mengarahkan pandangan mata pada point of interest dalam sebuah foto.

Angle; adalah kemampuan mencari sebuah sudut yang mampu menggambarkan sebuah kejadian dengan suasana yang tidak lazim. Sudut bisa menggunakan sudut sejajar, sudut mata burung (bird eye view), mata katak (frog eye view), sudut rendah (low angle) ataupun sudut tinggi (high angle).

Time; adalah kemampuan seorang fotografer menangkap sebuah adegan pada waktu yang tepat sehingga menghasilkan sebuah foto yang dramatis dan kuat.

Metode-metode tersebut bisa saja digabungkan. Misalnya, kita bisa menghasilkan sebuah foto detail dengan sudut yang tidak bisa. Mengambil detail wajah seorang pejabat yang sedang mengantuk di sebuah sidang dari sudut yang tinggi misalnya. Contoh lainnya mengambil mimik seorang tersangka korupsi yang sedang diwawancarai media dari sudut rendah bisa menghasilkan sebuah foto  dengan metode angle yang sekaligus juga mendapatkan bingkai (frame) dari beberapa microphone yang diangsurkan ke depan wajah si tersangka.

Contoh foto denga metode EDFAT

Contoh foto denga metode EDFATtografi

Iqbal menggarisbawahi sebuah poin penting dalam fotografi yaitu kesabaran. Menurutnya, untuk mendapatkan sebuah foto yang bagus, seoranng fotografer harus sabar dan tidak cepat puas. Sebuah momen atau sebuah ide menentukan metode mana yang akan dipakai sangat bergantung pada kesabaran dan kejelian membaca suasana. Seorang fotografer yang terlalu tergesa-gesa biasanya akan sulit mendapatkan sebuah hasil foto yang maksimal.

Selain materi tentang metode EDFAT, di awal pertemuan Iqbal yang juga akrab dengan istilah “Dunia Ji Ini” membeberkan dasar-dasar pengenalan fotografi. Iqbal banyak bercerita tentang aperture (bukaan diafragma lensa), shutter speed (kecepatan bukaan lensa) dan ISO (kepekaan kamera pada cahaya). Tiga hal tersebut menurutnya adalah dasar paling penting untuk memahami teknik pengambilan gambar sebelum masuk ke komposisi.

 

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis
Posted in Tips and tagged , , , .

Kelas Kepo

Inisiasi beberapa pegiat komunitas di Makassar untuk sama-sama belajar menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *